Sabtu, 25 April 2009

Cara Mengganti Password Windows XP


Pada kesempatan kali ini, akan saya bahas mengenai cara mengganti password windows XP. Untuk mengganti password windows ini ada banyak sekali cara, mulai dari menggunakan cmd.exe, menggunakan software, dan lain-lain. Tetapi kali ini akan saya bahas menggunakan cmd, menggunakan software buatan saya, dan menggunakan lusrmgr.msc. anda sudah penasaran? Langsung aja....

1. Menggunakan cmd

- Yang pertama yang harus kita lakukan adalah membuka cmd melalui Start > Run lalu ketikkan cmd dan tekan enter.
- Lalu apa perintah yang bisa digunakan untuk mengganti password tersebut ? Perintah yang akan kita gunakan adalah perintah net. Untuk melihat apa saja kegunaan dari perintah net ini, ketikkan net /? lalu tekan enter. Untuk lebih spesifiknya, kita akan menggunakan perintah net user. Ketikkan perintah ini sehingga akan menampilkan daftar user yang ada pada Windows tersebut. Pada contoh di bawah terdapat user administrator, arul dan guest.





- Lalu, bagaimana kita bisa mengganti password dari user-user tersebut? Ketikkan baris perintah net user /? untuk mengetahui fungsi-fungsi dari perintah ini.

Kita akan melihat suatu fungsi untuk mengganti password yaitu :

net user username password|*

Perintah net user adalah perintah dasar yang wajib kita sertakan pada awal perintah tersebut

Username adalah nama user yang ingin kita ganti passwordnya. Pada contoh di sini misalnya username arul atau adminisrator

Password adalah password baru yang kita inginkan berlaku pada user tersebut.

(tanda bintang dapat digunakan untuk meniadakan/menghapus password atau jika kita ingin memastikan password tersebut sudah benar atau tidak dengan meminta konfirmasi password sekali lagi.

- Pada contoh kali ini kita akan mengganti password dengan username arul. Untuk itu ketikkan baris kira-kira seperti di bawah ini. Anda dapat menyesuaikan username dengan username yang ada pada Windows Anda.

net user arul 123456

Nah, sudah selesai. Sekarang coba logoff komputer anda, dan masuk dengan user yang telah diganti passwordnya tadi. Password akan berubah menjadi 123456 sesuai dengan permintaan kita.

Bagaimana jika ingin mengosongkan/menghapus password tersebut? Ketikan :

net user arul *

lalu jika ada tampilan untuk meminta password yang baru, kosongkan lalu tekan enter hingga pesan mengganti password telah berhasil dilakukan.


2. Dengan Menggunakan lusrmgr.msc

Dengan tools bawaan dari windows ini, kita juga bisa mengubah password user. Berikut langkah-langkahnya :

- Buka lusrmgr.msc (klik start – Run – kemudian ketikkan lusrmgr.msc – tekan enter)


- Nah, kalo udah, akan muncul seperti gambar di atas.

- Kemudian klik user yang berada di sebelah kiri.

- Setelah itu akan muncul semua user. Pada contoh ini adalah user arul yang akan diubah passwordnya.

- Cara mengubah passwordnya yaitu klik kanan pada user lalu klik Set Password.

- Setelah itu akan ada pesan, selanjutnya klik aja Proceed.

- Nah, isikanlah password barunya, dan ketik ulang passwordnya. Kalau udah klik OK.

  1. Menggunakan software

Kali ini cara mengubah passwordnya menggunakan software buatan saya sendiri. Sebenarnya bukan original buatan saya sendiri. Hanya aplikasi ini sudah saya modif-modif dikit. Langsung aja, langkah-langkahnya :

- Jalankan XP Password Changer. Kalau belum punya, download aja di sini.



- Nah, di aplikasi ini sudah terdapat daftar user yang akan kita ubah passwordnya. Klik aja user yang akan kita ubah passwordnya di sebelah kiri. Kalau sudah, ketikkan password barunya di bagian New Password, lalu klik Ubah. Selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails