Cara Mempercepat Munculnya Start Menu


Posting kali ini saya akan membahas tentang cara mempercepat delay atau munculnya start menu.... wah mungkin buat komputer yang agak lama loadingnya mungkin sangat berguna untuk anda... caranya yaitu kita menggunakan registry, apa sih registry?

Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan setting dan options untuk Ms. windows versi 32 bits, termasuk Win 95, 98, ME dan NT/2000. Registry berisi informasi dan setting untuk semua hardware, software, user dan preferences dari sebuah PC. Tiap kali user membuat perubahan pada setting kontrol panel, file associations, system policies, atau install S/W, perubahan2 tersebut tergambarkan dan disimpan didalam registry.

File fisik dari registry disimpan pada tempat yang berbeda tegantung pada versi windows yang digunakan; pada windows 95 dan 98 file fisik tersebut diletakkan pada 2 buah hidden file pada directory windows, kedua hidden file tersebut adalah USER.DAT dan SYSTEM.DAT. Pada windows ME ada tambahan file CLASSES.DAT, sementara pada windows NT/2000 file tersebut disimpan terpisah pada direktori %SystemRoot%\System32\Config. Anda tidak dapat melakukan edit pada file ini secara langsung, anda harus menggunakan tool yang umumnya dikenal dengan nama "Registry Editor"


Nah, langsung aja ya...
Berikut ini langkah-langkahnya :
Buka Registri Editor dengan cara Klik Start => Run, kemudian ketik regedit => OK
Masuk ke HKEY_CURRENT_USER => Control Panel => Desktop
Kemudian cari MenuShowDelay , kemudian double klik atau klik kanan => Modify
Ganti nilai Value ( biasanya defaultnya 400) dengan nilai yang lebih kecil, Saran saya jangan 0 (nol) karena terlalu cepat juga kurang baik, cukup ganti dengan nilai 100 saja. Klik OK.

Sekarang anda telah berhasil mengubah settingan di registry anda. Coba restart komputer anda... Bagaimana?

No comments:

Post a Comment