Solusi Jika Windows Tidak Dapat Startup


Ketika sistem dilaptop anda sedang rusak, System Restore dapat menjadi Virtual Lifesaver. Namun, bagaimana jika laptop anda mengalami kerusakan yang parah sehingga laptop tidak dapat Start masuk ke windows. Pada kasus ini, coba anda gunakan Safe Mode dengan Command Prompt untuk mengakses System Restore dengan cara berikut.
  1. Setelah laptop anda dinyalakan dan sedang booting, tekan F8 beberapa kali sampai tampil layar Windows Advanced Option Menu.
  2. Gunakan tombol panah pada keyboard laptop anda untuk memilih Safe Mode With Command Prompt, kemudian tekan Enter.
  3. Akan tampil pesan dilayar monitor anda, "Please select the operating system to start". Anggap hanya mempunyai Windows XP yang terinstal di laptop anda, kemudian tekan Enter. Jika anda mempunyai lebih dari satu sistem operasi, gunakan tombol panah untuk memilih Windows XP, kemudian tekan Enter.
  4. Windows akan menjalankan beberapa software yang akan memakan waktu 1 sampai 2 menit, tergantung versi Windows yang telah dikonfigurasi, Login Screen atau Welcome Screen akan ditampilkan. jika anda melihat Login Screen, ketik nama account dan password anda, tekan Enter. Jika anda melihat Welcome Screen, klik ikon untuk label account administrator atau account yang mempunyai hak administratif, kemudian ketik password anda.
  5. Setelah command prompt ditampilkan, pada area yang kosong ketik %systemroot%\system32\restore\rstui.exe, kemudian tekan Enter.
  6. Setelah beberapa detik Windows System Restore akan ditampilkan. Klik tombol Restore My Computer to an Earlier Time.
  7. Klik tombol Next.
  8. Setelah kalender ditampilkan, pilih hari dimana laptop anda bekerja dengan baik (ditandai dengan tanggal yang tercetak tebal), kemudian klik tombol Next.
  9. Untuk mengkonfirmasi pilihan, klik tombol Next.
  10. Proses System Restore akan dimulai. Tunggu beberapa saat hingga laptop anda restart secara otomatis. Setelah laptop hidup kembali, ikuti instruksi yang tampil di layar.
  11. Selamat Mencoba

4 comments:

  1. Terima kasih, Mas. Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. bro saya punya masalah tentang windows 7 nih, darurat bro !!

    windows saya nghank saat pertama kali menyalakan laptop, tepatnya saat Starting Windows (yang keluar bersamaan simbol windows). solusinya gimana broo ???

    Apakah harus install ulang windowsnya ?? sayang
    sekali data" nya penting semua ...

    need solusi tanpa install ulang ada ga bro ???

    ReplyDelete
  3. btw saya udah nyoba solusi diatas, Safe Mode With Command Prompt tapi loadingnya blm selesai lebih dari 5 menit .. entah loading apa nghank sbenernya -_-"

    solusi tanpa tanpa data" hilang ada bro ???

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails