MEMAHAMI RAM


RAM Merupakan singkatan dari Random Access Memory yang digunakan oleh computer sebagai tempat kerja sementara.prosessor memindahkan data dan aplikasi yang tengah diproses dari tempat penyimpanan permanen seperti harddisk maupun optikal storage devise kedalam RAM. Prosessor akan menjalankan aplikasi dan yang ada dari tempat penyimpanan sementara ini. Setiap data yang baru akan dibuat dan disimpan sementara di memory sebelum di simpan secara permanen di harddisk.

DDR VS DDR2

DDR2, sejatinya hadir sebagai pelengkap fitur chipset terbaru keluaran Intel.DDR2 (dibaca DDR genre kedua) dibandingkan pendahulunya berjalan kapasitas chip untuk meningkatkan kapasitas modul memory.selain itu DDR2 juga didesain dengan ukuran lebih besar 240 pin.dibandingankan desain DDR yang hanya 184 pin.

DDR2 hanya akan dapat bekerja secara optimal apabila motherboard yang digunakan mampu mengakomodasi clock speed .sebagai contoh memori 1066 bakal tampil optimal saat bekerja di mobo dengan FSB yang sama, namun tidak demikian dengan DDR 533di mobo yang sama.secara teoris, DDR2 sesungguhnya lebih unggul dibandingkan DDR.

DDR 3,Memori masa depan

DDR3 dikeluarkan untuk mengatasi isu kertebatasan frekuensi sebagai akibat kelemahan system terminasi penentuan alamat dan baris perintah pada chup DDR 2.ini diperparah dengan isu panas dan konsumsi listrik yang dirasakan cukup tinggi.

Diharapkan nantinya DDR3 hanya akan mengkonsumsi listrik maksimal sebesar 0,8 volt atau lebih rendah 1 volt ketimbang DDR2 yang ada saat ini.diharapkan pula DDR3 akan mampu berjalan pada bus speed 1333 dan 1600.DDR 3 disebut sebut bakal memiliki memori controller independent.dan diperkirakan ukuran pin yang digunakan bakal berkisar 296 hingga 312 pin.

Teknologi yang paling dinanti-nantikan dari DDR3 adalah QBM (quad band memori,teknologi memori yang dirilis VIA. Teknologi ini setara dengan teknologi 4 channel).sayangnya QBM sendiri sangat tergantung pada kemajuan spesifikasi prosessor dalam menangani proses data dari atau ke memori.

www.matherboard .com

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails