Mengantisipasi Bad sector pada Hardisk

Cara ini mungkin teman-teman semua sudah pada tahu, tapi tidak ada salahnya kan kalau saya berbagi-bagi ilmu kepada teman-teman semua. Hardisk adalah komponen komputer yang sangat vital, karena hardisk adalah media penyimpanan utama pada komputer, jadi hardisk harus selalu dirawat agar tidak mudah rusak. Kalau rusak kemungkinan besar hardisk sudah tidak dapat dipakai, wah... sayang banget ya.. padahal di situ terdapat data-data penting.
Nah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas, saya akan memberi tips yang aman untuk teman-teman semua.

A. Defrag hardisk minimal tiga bulan sekali. Caranya :

1. Klik kanan pada my computer => lalu klik explore
2. Nah, di my computer sudah terdapat partisi-partisi yang siap untuk kita defrag.
3. Kemudian klik kanan pada partisi yang akan kita defrag => kemudian klik properties.
4. Selanjutnya klik tab Tools
5. Kalau sudah, klik Defrag Now...
6. Kalau sudah, akan muncul tampilan seperti dibawah ini, selanjutnya klik Analyze, lalu tunggu sampai proses analisa selesai.
7. Kemudian, jika ada pesan “You should defragment this volume.”, berarti anda harus mendefrag partisi tersebut, kemudian klik defrag.
8. Nah, berarti anda sudah selesai mendefrag pada disk tersebut, langkah selanjutnya adalah defraglah semua partisi / disk yang ada di komputer anda.


B. Mengecek disk minimal 3 bulan sekali. Caranya :

1. Klik kanan pada my computer => lalu klik explore
2. Kemudian klik kanan partisi yang akan di chek, lalu klik properties.
3. Selanjutnya klik tab Tools, lalu klik Check Now...
4. Kemudian beri tanda centang atau klik saja Automatically fix......bla bla bla..... dan Scan for and attempt recovery..... bla bla bla.... selanjutnya klik Start.
5. Klik saja yes, kemudian restartlah komputer anda. Jika tidak ada pesan seperti itu, maka tunggulah proses sampai selesai.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails