Teknik Dasar Visual Basic

Untuk mengulas tentang teknik dasar di Visual Basic, sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menjelaskannya, tetapi saya akan coba untuk menguraikan hal-hal ringan yang dianggap penting dan sering diperlukan.

- Awalan Penamaan Variabel
Konsistensi sering dikaitkan dengan penulisan kode program yang standar. Ini tentu cukup beralasan karena penulisan kode yang konsisten menjadikan kode program lebih mudah dibaca dan dipahami. Sebagai contoh, dalam penamaan variabel, sangat dianjurkan agar Anda mengacu pada standar yang telah ditetapkan.
Contohnya seperti berikut:

' Jika hanya ada satu variabel String di satu
' ruang lingkup
Dim str As String
' Jika terdapat lebih dari satu
Dim strNama As String
Dim strAlamat As String

- Hindari Tipe Variant
Tipe data Variant secara otomatis akan ditetapkan pada suatu variabel manakala Anda tidak menetapkan tipe datanya secara eksplisit.

' Variabel intX bertipe Variant
Dim intX, intY As Integer
' intA dan intB bertipe Integer
Dim intA As Integer, intB As Integer

Alasan utama untuk menghindari tipe data Variant adalah karena eksekusinya yang cenderung lebih lambat dan mengonsumsi memori lebih besar.

- Ruang Lingkup Variabel
Apabila variabel-variabel Anda hanya diperlukan oleh sebuah method (prosedur/fungsi), sebaiknya deklarasikan di level lokal. Teknik ini terkait erat dengan performa aplikasi, di mana variabel lokal akan lebih cepat dieksekusi dibanding variabel global.

- Konkatenasi dan Multiline
Pada saat Anda ingin menghubungkan string, gunakan operator konkatenasi (&). Adapun jika konkatenasi melibatkan baris baru, sebaiknya manfaatkan karakter garis bawah (underscore).

' Hello semua adalah satu bagian
strData = "Hello " & _
"Semua"
' strA dan strB adalah dua bagian
Dim strA As String, _
strB As String

- Definisi Tipe Data
Anda pasti pernah menemui kode program Visual Basic yang mendefinisikan suatu tipe data menggunakan akhiran karakter tertentu, seperti $, %, dan sebagainya. Pendekatan yang juga disebut definisi tipe data secara implisit ini umumnya dilakukan untuk mempercepat eksekusi kode. Berikut ini simbol (karakter) yang dapat digunakan sebagai akhiran nama variabel untuk merepresentasikan tipe data.

Perlu diperhatikan, bagian ini tidak bermaksud menyarankan Anda untuk menggunakan pendekatan di atas, namun sekadar memperlihatkan bagaimana implementasi definisi secara implisit. Bagaimanapun juga, pendekatan seperti ini seringkali membingungkan, terutama bagi yang belum memahami makna karakter terkait.

- Verifikasi Tipe Data
Pada saat akan melakukan operasi terhadap suatu variabel, terkadang kita ingin memeriksa tipe datanya terlebih dahulu. Untuk memudahkan verifikasi ini, kita bisa memanfaatkan method-method yang tersedia.



- Pernyataan Kondisional
Dalam melakukan analisis dua kasus, Anda bisa meringkas penulisan kode program dengan memanfaatkan method IIf.

Dim bStatus As Boolean
Dim intResult As Integer
' Pendekatan If (standar)
If bStatus Then
intResult = 1
Else
intResult = 0
End If
Print intResult
' Pendekatan IIf
intResult = IIf(bStatus, 1, 0)
Print intResult
Namun perlu diperhatikan, eksekusi method IIf cenderung lebih lambat dibanding pernyataan kondisional If.

- Keyword Step
Disamping menyederhanakan penulisan kode program pengulangan, keyword Step juga mampu mempercepat eksekusi kode. Sebagai contoh, kedua program berikut akan menghasilkan keluaran sama.

Dim i As Integer
' Mencetak bilangan ganjil 1-10
For i = 0 To 9
i = i + 1
Print i
Next i
' Menggunakan pendekatan Step
For i = 1 To 10 Step 2
Print i
Next i

- Keyword Optional
Apabila Anda ingin mendeklarasikan suatu argumen yang sifatnya opsional (tidak wajib), gunakan keyword Optional.

' Deklarasi argumen lng sebagai opsi
Private Sub Test(str As String, _
Optional lng As Long = 1)
' ...
End Sub
Walaupun Anda diperkenankan untuk tidak menetapkan nilai default dari suatu argumen opsional, namun sebaiknya Anda menetapkannya. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan penulisan tubuh method dan meningkatkan kompatibilitas terhadap versi Visual Basic yang baru (VB.NET).

- Array Argumen
Kasus lain yang mungkin ditemui saat mendeklarasikan method adalah kemampuan untuk menerima sejumlah argumen. Kasus semacam ini bisa Anda selesaikan dengan memanfaatkan keyword ParamArray.

Private Function Sum(ParamArray args() _
As Variant) As Double
Dim i As Integer
' array argumen adalah array berbasis 0
For i = 0 To UBound(args)
Sum = Sum + args(i)
Next i
End Function
' Ekspresi berikut valid semua
Debug.Print Sum(2, 3)
Debug.Print Sum(2, 3, 4, 5)

Perlu diingat, ParamArray harus dideklarasikan sebagai array Variant, tidak boleh dengan tipe data lainnya. Selain itu, suatu method hanya boleh memiliki sebuah array argumen, dan harus berada di bagian paling akhir. Aturan terakhir, Anda tidak boleh meletakkan argumen opsional di depan array argumen.


No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails