Cara Install dan Setting IIS 7 di Windows 7

IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003.
Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer).
IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

Sebelum anda menginstall, pastikan windows anda support dengan IIS 7. Untuk kali ini, saya menggunakan Windows 7 Ultimate Edition.

Dan juga, pastikan anda login sebagai administrator.
Oke, langsung aja ke tahap installasi IIS 7.



1. Buka Windows Features, caranya : Klik Start - Control Panel - Program, kemudian pilih Turn Windows features on or off.
2. Centang semua pada bagian Internet Information Services sampai bawah.
3. Klik Ok, kemudian tunggu proses konfigurasi sampai selesai.
4. Buka browser kemudian ketik di addressbar : http://localhost
5. Selesai.

Untuk membuka konfigurasi / controlpanel IIS 7, Klik Start, kemudian ketik inetmgr. Atau Klik kanan Computer, kemudian klik Manage, kemudian klik Service and Application, kemudian klik Internet Information Service (IIS) Manager.



2 comments: