Penyebab Listrik Boros di Rumah dan Tips Hemat Listrik

JAKARTA, KAMIS – Percaya tidak kalau ada vampir di rumahmu? Mengada-ada? Hmm, teruskan dulu membaca.


Apakah di rumah kamu ada perangkat listrik, seperti TV, kulkas, komputer, dan AC? Kalau komputer, AC atau TV tidak dipakai, bagaimana kamu mematikannya? Dimatikan total lewat tombol off? Atau cuma dimasukkan ke moda standby agar dengan cepat bisa diaktifkan lagi jika perlu?  Jika ya, berarti kamu secara tak sengaja sudah memelihara vampir di rumah loh!

Vampir yang dimaksud di sini adalah vampire energy atau sering juga disebut phantom load.  Maksudnya, energi listrik akan tetap tersedot oleh segala perangkat yang tercolok ke jala-jala listrik di rumahmu ketika perangkat itu dalam posisi standby atau bahkan ketika sudah dimatikan.

Ya, walaupun sudah dimatikan dengan menekan tombol off, TV dan perangkat yang menggunakan remote control seperti AC tetap saja mengonsumsi daya listrik. Begitu juga perangkat dengan power supply atau adaptor eksternal, seperti monitor dan LCD/LED.  Printer, USB hub, scanner, modem dan apa pun yang terhubung ke komputer pun akan terus menyedot listrik kendati sudah dimatikan.

Jadi bagaimana mengatasi vampir penyedot listrik itu? Sebenarnya mudah saja. Cabutlah steker dari jala-jala listrik kala perangkat elektronik itu tidak dipakai. Tapi tentu tak praktis kalau harus setiap kali mencabut/pasang steker, apalagi jika letak steker itu susah dijangkau (misalnya di belakang lemari) bukan?

Alternatifnya, terapkan tip yang diberikan oleh APC by Schneider Electric  dalam rangka menyambut Hari Bumi 22 April. Cara lain memerangi vampire energy atau phantom load, menurut  APC by Schneider Electric, adalah menggunakan surge protector dengan master-control outlet. Tinggal colokkan perangkat elektronik utama, seperti komputer dan TV, ke master outlet, lalu koneksikan perangkat pelengkap (monitor, printer, scanner, speaker dll) ke control outlet. Master outlet akan mendeteksi apakah perangkat elektronik sedang dimatikan atau tidur (dalam kondisi sleep mode). Sedangkan control outlet yang terpasang di perangkat pelengkap akan otomatis mematikan aliran listrik. Jadi dalam kondisi standby mode, perangkat itu tidak akan terus menyedot daya listrik yang bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Apa sih surge protector? Ini adalah alat yang dirancang untuk melindungi perangkat elektronik dari perubahan aliran voltase, seperti spike, surge dan halilintar, yang bisa merusak perangkat elektronik.

Nah silakan mencoba tip di atas.

source :
tablodpcplus.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails