Menyelamatkan Data dari CD/DVD yang Tidak Terbaca


  1. Coba baca CD/ DVD pada beberapa drive lain, mungkin error correction pada drive lain lebih baik & data dapat terbaca kembali.
  2. Bila drive lain tdak dapat digunakan untuk membaca data tersebut, gunakan pasta gigi putih untuk memoles permukaan CD/ DVD. Pertama, tentukan lokasi yang tergores. Caranya, sinari permukaan dengan lampu dan lihat dari sudut yang tajam. Lalu oleskan pasta disekitar goresan dan poles dengan lap lembut yang lembab. Poles permukaan dari bagian dalam ke bagian luar (tegak lurus dengan track data). Polesan dapat menghilangkan lapisan karbonat yang tergores. Sebelum dimasukkan ke dlam drive, bersihkan CD/ DVD dengan tisu basah. Sebaiknya tidak menggunakan pasta berwarna karena biasanya mengandung obat gosok yang dapat merusak CD/ DVD.
  3. Jika masih belum dapat dibaca setelah dipoles, gunakan software khusus, seperti IsoBuster. Software ini tidak menghentikan pembacaan data bila menemukan goresan. Data yang terbaca akan disimpan dalam hard drive. dapat didownload di www.isobuster.com
  4. Selamat Mencoba

1 comment:

  1. Hi, Nice post! Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

    Thanks!

    Harry
    harry.roger10@gmail.com

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails