Kerja lampaui Batas (Overclock)

Secara sederhana, overclock pada suatu perankat keras bisa diartikan membuat perangkat keras bekerja lebih dari yang seharusnya. Tetapi, sebelum kita melakukan overclock, sebaiknya kita persiapkan heatsink pasif maupun aktif. Heatsink ini sangat berpengaruh pada hasil dari overclock kita nanti. karena, pada saat dioverclock suhu suatu komponen yang kita overclock sangat panas. Kita juga harus tahu, perangkat apa saja yang bisa kita overclock di komputer kita.

Definisi overclock sering disingkat OC – adalah tindakan yang tidak lain untuk menggenjot kecepatan suatu komponen atau seluruh di komputer kita diatas standar.

KOMPONEN-KOMPONEN yg SERING DIOVERCLOCK

Biasanya, overclock dilakukan pada prosesor, memory, VGA, dan Mainboard. Memang, overclock tidak semua komponen bisa dioverclock.

1. Prosesor

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kerja prosesor. Cara yang biasa dilakukan adalah mengubah FSB(Front Side Bus), mengubah frekuensi si prosesor, atau mengubah multiplier (faktor pengkali untuk menentukan clock speed). Multiplier biasanya tidak dapat dinaikkan, hanya beberapa prosesor saja yang bisa diubah. Contohnya prosesor seri Black Edition dari AMD, dan seri Extreme dari Intel. Pada prosesor seperti itu sudah pasti dapat dilakukan dengan mudah.

2. Memory / RAM

Biasanya, overclock pada memory, pengguna perlu mengubah frekuensi memory tersebut. Perubahan itu biasanya dilakukan di BIOS. Ada motherboard yang mendukung overclock untuk memory, sehingga perubahan frekuensi tidak mempengaruhi kerja komponen lain.

3. VGA

VGA sering ditingkatkan kinerjanya untuk bermain game, agar tampilan yang dihasilkan lebih bagus. Overclock pada VGA biasanya dilakukan pada chip inti VGA tersebut (core clock). Overclock pada vga bisa juga dilakukan dengan mengubah kecepatan frekuensi chip memory video (memory clock).

Kecepatan core dan memory clock dari VGA dilakukan lewat driver atau software pihak ketiga. Berbeda dengan overclock pada prosesor atau memory, overclock bersifat independen. Artinya, pengguna bisa saja melakukan overclock pada memory intinya saja tanpa memengaruhi clock VGA yang bersangkutan. Begitupun sebaliknya. Tentunya overclock terhadap kedua frekuensi sekaligus (chip inti dan memory) juga dimungkinkan.

4. Motherboard

Motherboard sebagai induk segala peranti pun bisa juga dioverclock. Pada motherboard, biasanya dilakukan terhadap kecepatan PCI, PCI-E, atau FSB. Tetapi overclock pada FSB juga dapat mengubah kecepatan prosesor dan memory.

Apakah tujuan overclock ?

Overclock sering dilakukan untuk mendapatkan kecepatan tinggi dengan harga yang murah. Orang yang melakukn overclock biasana membeli perangkat yang harganya murah. Perangkat itu kemudian diover atau ditingkatkan kinerjanya agar kecepatan sesuai dengan keinginan.

Bisa Overclock Komputermu?

Bisa tidaknya perngkat komputer tergantung pada motherboard yang digunakan. Karena, di BIOS inilah pengaturan overclock dapat dilakuakan.

Perlu diingat ya.... kerusakan akibat overclock, akan menghilangkan garansi atas produk yang anda beli dari toko atau distro.. Jadi, jaga perngkat komputer anda.

PCPlus 17 Maret 2009

1 comment:

Related Posts with Thumbnails