Variabel dan Konstanta pada Premrograman

Variabel
Variabel adalah sebuah kata yang berisi nilai yang dapat berubah-ubah. Variabel digunakan untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk proses dalam aplikasi. Contoh nyata variabel adalah: variabel panjang yang akan digunakan untuk menyimpan panjang persegi panjang, dan variabel lebar untuk menyimpan lebar persegi panjang. Jika kita akan membuat program untuk menghitung luas perseigi panjang, kita akan membutuhkan kedua variabel itu. Kedua variabel itu digunakan untuk menyimpan data masukan panjang dan lebar dari user. Kemudian data yang disimpan dalam kedua variabel itu akan diproses oleh program menjadi data luas, yaitu denganmengalikan data di variabel panjang dengan data di variabel luas. Syarat-syarat pemberian nama sebuah variabel dalam Visual Basic adalah:
1. Tidak lebih dari 40 karakter.
2. Terdiri atas huruf, angka, dan underscore (_).
3. Karakter pertama harus sebuah huruf.
4. Anda tidak boleh menggunakan kata yang sudah didefinisikan
oleh VB (reserved word).

Tipe Variabel
Tipe variabel menyatakan tipe data yang dapat ditampung oleh sebuah variabel. Contohnya, sebuah variabel memiliki tipe variabel hari, berarti data yang dapat ditampung variabel tersebut adalah Senin, Selasa, Rabu, dan seterusnya. Visual Basic memiliki beberapa tipe variabel, antara lain:

􀂃 Boolean
Variabel dengan tipe ini hanya dapat bernilai true atau false. Tipe ini biasanya digunakan untuk proses percabangan atau digunakan bersamaan dengan operator logika, yaitu AND, OR, dan NOT.
Operator logika digunakan untuk menghasilkan suatu nilai logika (true/false) dari dua nilai logika.

Agar lebih mudah dipahami, perhatikan contoh kasus nyata berikut!
Anda akan membuat pintu rumah dengan dua buah sistem pengaman digital, di mana Anda harus memasukkan nomor pin yang benar agar pintu dapat terbuka. Memasukkan nomor pin yang benar akan menghasilkan nilai true, memasukan nomor pin yang salah akan menghasilkan nilai false.
Operator OR digunakan jika Anda menginginkan pintu dapat terbuka dengan memasukkan nomor pin dengan benar pada salah satu kunci saja. Operator AND digunakan jika Anda menginginkan orang yang akan masuk harus dapat memasukkan nomor pin pada kedua kunci dengan benar, baru pintu akan terbuka.
Operator NOT digunakan jika Anda menginginkan pintu terbuka jika memasukkan nomor pin yang salah, sedangkan jika memasukkan nomor pin dengan benar, pintu malah tidak terbuka. Hal ini disebabkan karena NOT True artinya False, dan NOT False artinya True.

􀂃 String
Variabel dengan tipe data ini digunakan untuk menampung data huruf, kata, kalimat, atau dapat juga berupa angka yang dianggap sebagai kata. Ciri khas data string adalah dalam penulisannya selalu diapit tanda kutip (“”). String sebenarnya merupakan array dari karakter-karakter.

􀂃 Integer
Variabel dengan tipe data ini berfungsi untuk menampung data numerik yang berupa bilangan bulat mulai dari -32.768 sampai 32.767.

􀂃 Long
Variabel dengan tipe data ini sama dengan tipe data integer, hanya saja jangkauannya lebih luas, yaitu -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647.

􀂃 Variant
Tipe data ini mencakup semua tipe data. Secara default, sebuah variabel akan memiliki tipe data ini bila tidak dideklarasikan.

􀂃 Single
Tipe data ini merupakan tipe data numerik seperti integer, namun dapat berupa bilangan pecahan.


Cara Mendeklarasikan Variabel
Deklarasi variabel adalah pengenalan suatu variabel ke Visual Basic. Dengan mendeklarasikan variabel, artinya sama saja dengan memperkenalkan variabel tersebut kepada Visual Basic.

Misalnya Anda mempunyai dua orang teman yang tidak saling mengenal satu sama lain, kita ambil contoh namanya Tom Cruise dan Keanu Reeves (temannya artis semua lho!) Anda memperkenalkan Tom Cruise kepada Keanu Reeves, “Tom, ini teman saya Keanu”. Setelah mereka berdua Anda perkenalkan, mereka mulai dapat berinteraksi (mengobrol). Demikian juga pada Visual Basic, setelah sebuah variabel Anda deklarasikan, Visual Basic dapat berinteraksi dengan variabel tersebut, seperti mengganti dan mengambil nilai. Apakah variabel yang belum dideklarasikan tidak dapat berinteraksi dengan Visual Basic? Itu dia kelebihan VB, variabel yang belum dideklarasikan akan dideklarasikan oleh Visual Basic secara otomatis dengan tipe Variant. Hanya saja, tipe Variant lebih memakan memori karena mencakup semua tipe.

Variabel dalam Visual Basic dapat dideklarasikan dengan dua cara:

􀂃 Implicit
Untuk cara ini, Anda harus menggunakan akhiran yang mewakili jenis data untuk setiap data yang akan dideklarasikan. Cara ini tidak praktis dan merepotkan, karena kita harus hafal akhiran-akhiran untuk setiap jenis data dan belum tentu jenis data itu ada akhirannya. Oleh karena itu, cara ini tidak akan digunakan dalam buku ini.

􀂃 Explicit
Jenis deklarasi ini lebih simpel dan praktis untuk digunakan. Mendeklarasikan variabel dengan cara ini adalah sebagai berikut.

Dim As

Jika Anda ingin mendeklarasikan variabel dengan tingkat
Public, ganti Dim menjadi Public.


Tingkatan Variabel

1. Tingkatan Prosedur/Event
Di dalam prosedur, variabel dideklarasikan dengan pernyataan “Dim”. Variabel ini hanya berlaku dalam prosedur tersebut dan di luarnya tidak berlaku lagi.
Contoh:

Dim usia as Integer

2. Tingkatan Form
Dideklarasikan dalam objek General dengan event declaration dengan pernyataan “Dim”. Variabel ini akan dikenal oleh seluruh prosedur/event yang terdapat dalam form. Contoh:

Dim tanggal as Date

3. Tingkatan Aplikasi
Dideklarasikan menggunakan module dan diletakkan pada bagian declaration dengan sub general pada module tersebut. Variabel ini akan dikenal oleh seluruh prosedur dalam aplikasi yang dibuat. Variabel ini dibuat menggunakan pernyataan “Public”. Contoh:

Public nama as String


Konstanta
Konstanta adalah variabel yang memiliki nilai yang tetap. Variabel konstanta cukup diperlukan dalam beberapa situasi tertentu karena terkadang kita lupa kode-kode dalam Visual Basic.
Misalnya, kode warna hitam adalah “&H0000F”. Dengan variabel konstanta ini, kita dapat memasukkan kode ini ke dalamnya, sehingga untuk memanggil warna hitam, kita hanya perlu mengetikkan variabel konstantanya.

Tingkatan variabel ini tergantung pada pernyataan yang digunakan dan lokasi pendeklarasiannya. Untuk mendeklarasikan variabel konstanta, kita menggunakan pernyataan “Const”. Contoh:

Public Const hitam = “&H0000F”

Dengan begitu, untuk memanggil warna hitam, kita cukup mengetikkan “hitam”. Contoh:

Private Sub Form_Load()
Me.BackColor = hitam
End Sub

“Me” pada Visual Basic mengacu pada Form yang sedang
digunakan.
Sekarang Anda sudah memahami penggunaan variabel dan konstanta. Di pelajaran Matematika, variabel dan konstanta juga ada, hanya saja penggunaannya yang berbeda. Di Visual Basic, variabel bisa saja ditulis seperti berikut.
a = a + 1
Artinya adalah mengubah isi dari variabel a menjadi isi variabel a yang lama ditambah 1. Dalam Matematika, yaitu persamaan linear satu variabel, pernyataan ini tidak dibenarkan karena berapa pun nilai a, persamaan tersebut tidak akan menjadi benar. Misalnya nilai a adalah 5. Bila a = a + 1, maka itu artinya 5 = 5 + 1, yaitu 5 = 6. Tidak benar, bukan? Kalau begitu, apakah Visual Basic menyalahi aturan dalam Matematika? Jawabannya adalah tidak. Tanda sama dengan (=) di Visual Basic dalam kasus ini adalah operator penunjukkan (assignment), yaitu operator untuk mengisi nilai di sebelah kanan operator ini, ke variabel di sebelah kiri operator ini.

Tips
Jika kapasitas memori bukan masalah, Anda tidak perlu repot mendeklarasikan sebuah variabel sebelum menggunakannya karena otomatis tipe variabel menjadi variant yang memang memakan memori lebih besar, kecuali jika Anda ingin variabel tersebut dapat dikenal dalam seluruh prosedur dalam form/aplikasi.

2 comments:

Related Posts with Thumbnails